Ini alasan kenapa Pokemon Go aman buat kita

shares |

Ini alasan kenapa Pokemon Go aman buat kita

Bagi penyuka game android, pokemon go sangat menantang, walau banyak menguras daya baterai dan kuota internet. Benarkah pokemon go berbahaya seperti yang diberitakan akhir-akhir ini di teleivisi?. Benarkah game pokemon go akan mencuri data-data pribadi seperti yang ditakutkan banyak orang?. Benarkan akan membuat kita menjadi kecanduan dan tidak sadar akan dimanfaatkan oleh pihak ketiga?. Jelas semua orang saat ini sedang terkonsentrasi dengan game unik bertema petualangan ini.

Walau belum tersedia di play store untuk versi Indonesia, tetapu game ini dapat didownload secara bebas melalui internet. Versi 0.29.2 dari game pokemon ini memang cukup mengasikan, walau masih beta sudah menjadi kontroversi dan penolakan. Kali ini, dalam artikel tips teknologi akan membahas mengenai game pokemon go ini. Seberapa besar peluang game ini dianggap berbahaya bagi kita atau data-data privasi kita?.

Apa benar pokemon go berbahaya?

Pokemon Go ini basisnya adalah Google Maps, dan di Indonesia Google dirasakan mendapat lampu hijau dari pemerintah. Jadi, saya pikir kekhawatiran tersebut tidak perlu berlebihan. Kekhawatiran beberapa pihak terutama karena Pokemon Go menandai beberapa titik lokasi strategis sebagai Pokestop dan Gym. Muncul anggapan Pokemon Go bisa memetakan lokasi-lokasi strategis yang dapat membahayakan negara.

Selain itu ketakutan yang beredar di masyarakat salah satunya adalah foto lokasi kita menangkap pokemon dikirimkan juga ke server Pokemon Go dan itu sangat berlebihan. Dari riset yg dilakukan CISSReC, besar data yang dikirimkan ke server niantic tidak lebih dari 50 KB saja. File data sebesar ini tidak cukup untuk file foto dengan kualitas bagus. Jika ingin membuktikan bisa dicoba sendiri menggunakan aplikasi monitoring bandwidth.

Misalnya My Data Manager. Kita capture foto di suatu tempat, terus dikirimkan via email ke salah satu kontak yang ada. Dibandingkan dengan data saat kita menangkap pokemon dengan latar belakang foto di tempat yang sama. Perbandingan besar data yang dikirimkan sangat jauh sekali, walau pakai kompresi sekalipun. Sebagai perbandingan sekali mengcapture foto di layar Full HD, file foto yang dihasilkan bisa berkisar sampai 3 MB. Jauh dibandingkan dengan data yang terkirim setiap kali kita menangkap Pokemon, tidak lebih dari 50 kb.
Sumber : Forum Viva

Related Posts